image

Sudah sejak lama saya dibuat iri sama ibu ibu yang membuat permainan untuk anak-anaknya. Beberapa kali saya ingin membuat diy toys namun saya tahu betul toys tsb belum sesuai dengan umur Fatimah saat ini (semoet kepikiran tetep bikin dan disimpan untuk nanti 😂😂). Akhirnya setelah saya kembali membaca buku rumah main anak, terinspirasilah saya dengan salah satu permainan untuk bayi 0-3bulan, yaitu Pola Berwarna Kontras. Sempat saya lirik juga sebelumnya salah satu mainan edukasi yang tujuannya sama, namun hmm lumayan juga kalau beli, kan kepakenya cuma sampai 3 bulan 😂. Akhirnya saya putuskan untuk membuat flash card (walau masih kepikiran di jadiin gantungan, tempelam ditembok atau gantungan yg bisa dipajang di tempat2 strategis Fatimah biasa lihat.
Mulailah saya searching printable pola kontras lewat Mbah Google.
Berikut sumber yang saya pakai untuk mengunduh pola kontras,

http://domanmom.com/2014/05/newborn-black-white-patterns/

Sebenarnya banyak sekali sumber yang bisa kita pakai, namun akhirnya saya memilih sumber tersebut karena terdapat 60gambar untuk black and white pattern dan 54 gambar untuk Black,White and Red pattern. Kenapa Hitam Putih dan Merah? Dari http://www.baby.zorger.com newborn hanya dapat mampu focus melihat pada jarak 8-10inc saja, mereka (newborn) akan memilih warna hitam putih dan warna yang kontras salah satunya merah. Penglihatan bayi pada usia 0-3 bulan memang belum sempuran maka kita para Ibu dapat menstimulasi penglihatan anak kita dengan gambar berwarna kontras atau pola kontras.
Manfaat aktivitas ini (Rangkuti, 2015)
1.menstimulasi penglihatan bayi
2. Mengenalkan bayi pada warna dan pola kontras
3. Menstimulasi perkembangan kognitif bayi

Alat dan Bahan :
Printable contrast pattern for babies.
Gunting
Pensil
Penghapus
Plastik Laminating
Setrika
Kain untuk alas laminas

image

image

image

Untuk proses laminating sendiri dirumah, pastikan sebelumnya setrika sudah panas dan lapisi kain saat memulai laminasi. (Saya dapat tips ini dari hasil berselancar di ig 😂😂) dan saat menekan setrikaan sebaiknya satu arah. Untuk pemula seperi saya, yah wajar yah kalau gagal sedikit.

image

1 flash card gagal, karna saya setrika bolak balik dan saya ga sengaja tempel langsung setrika ke plastik 🙈.

Alhamdulillah dari 12 flashcard yang selamat dan (mudah-mudahan) tetap bisa digunakan ada 11 flash card.
Mudah-mudahan fatimah sukaa.. *masih nungguin anaknya bangun, lagi bobo 😙😙*

Here we go we playing the flash card
image

image

Karena Fatimah lagi ngantuk, akhirnya saya coba mainin ini siapa tau dy tertarik. Dan taraa.. Fatimah excited bgt main ini, caranya: Ibu sambil cerita ini itu kalo cape ya cuma bilang ini apa ya.. wah kayak apa nih.. dan saya lihat respon Fatimah, sampai berapa lama Fatimah bisa fokus kalau keliatan bosan saya akan mengganti gambarnya dan lagi-lagi ngoceh ini itu. Permainan ini berakhir setelah sekitar 30 menit, karena Fatimah makin ngantuk dan maunya digendong.. 😅😅

Tapi buat pertama kali bikin mainan gpplah yaa.. hihi seru juga ternyata, besok bikin apa lagi yaa.. 😙😙
2015. (Rangkuti,Sarah)Rumahmainanak.Sahabat sejati publishing: Yogyakarta.

https://www.baby.zorger.com/baby.zorger.com.newborn.pdf

http://domanmom.com/2014/05/newborn-black-white-patterns

Posted from WordPress for Android

Leave a Reply

